Minggu, 29 Mei 2011

Gambas (Oyong)/cermeme


Gambas (Oyong) sebagai obat diabetes


Gambas(Oyong) memiliki nama latin, Luffa Cylindrica sering pula dikenal dnegan nama cememes. Buahnya bersiku-siku panjang kulitnya keras berwarna hijau tua sedangkan dagingnya lunak dan pohonnya tumbuh menjalar. Gambas tumbuh subur di daerah penggunungan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memahami manfaat Gambas untuk mengobati berbagai penyakit.

Biji buah Gambas (Oyong)/cermeme dapat menurunkan kadar gula darah, cukup mengkonsumsi 2 biji setiap hari selama 2 minggu untuk mendapatkan kadar gula dalam darah yang tidak terlalu tinggi. Lantas apa rahasia dibalik khasiat oyong? Gambas (Oyong)/cermeme memiliki kandungan senyawa cucurbitasin yang terdapat dalam biji oyong berperan dalam menurunkan gula darah. Beragam penelitian memang membuktikan senyawa yang terkandung pada anggota famili Cucurbitaceae ini sebagai anti diabetes

Tak hanya berkhasiat bagi diabetes, Gambas (Oyong)/cermeme dapat menyembuhkan beberapa penyakit lain, misalnya radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). Berikut langkah yang perlu dilakukan :
• Bagi penderita radang usus, disarankan ambil Gambas (Oyong)/cermeme yang sudah tua secukupnya. Potonglah oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh air panas setengah gelas dan minumlah 1-2 kali sehari.
• Bagi penderita asma, ambil Gambas (Oyong)/cermeme muda beserta tangkainya dan buatlah jus. Minumlah jus Gambas (Oyong)/cermeme ini 2 kali sehari secara teratur.
• Sedangkan, untuk radang tenggorokan, bisa mengkonsumsi satu buah Gambas (Oyong)/cermeme muda dalam bentuk jus dan tambahkan ke dalamnya gula batu atau gula pasir. Minumlah 2-3 kali sehari secara teratur.
• Gambas (Oyong)/cermeme juga berkhasiat menambah volume Air Susu Ibu. Caranya, buah Gambas (Oyong)/cermeme dan bijinya dipanggang, lalu ditumbuk halus. Seduhlah setiap 6 gram bubuk Gambas (Oyong)/cermeme dengan setengah gelas air panas, minumlah 1-2 kali sehari.
• Untuk anak-anak yang menderita cacingan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi biji Gambas (Oyong)/cermeme hitam 30 gram sedangkan untuk dewasa 40-50 gram. Gambas (Oyong)/cermeme ditumbuk halus, seduhlah bubuk biji Gambas (Oyong)/cermeme itu dengan air panas secukupnya, minumlah sehari sekali.
• Penderita radang kelenjar telinga juga bisa memanfaatkan Gambas (Oyong)/cermeme sebagai obat alternatif. Caranya, Ambil Gambas (Oyong)/cermeme 500 gram dipotong kecil-kecil dan campurkan dengan daun sambiloto sebanyak 50 buah. rebuslah kedua bahan itu dengan air 2 liter, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali sehari.
• Untuk melancarkan peredaran darah, ambil Gambas (Oyong)/cermeme 205 gram dan jamur kuping hitam 20 gram, masaklah sesuai selera dan masakan tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar